Kamis, 26 Mei 2011

Wisata & Kuliner

Batam dikenal dengan julukan pulau kalajengking,  tapi ada yang lebih menarik tentang dari pulau ini yaitu kulinernya, Di kota ini pula Anda bakal mendapatkan beragam aneka masakan khas Melayu Batam, salah satunya adalah ikan segar yang dimasak asam pedas. Kuliner ini selalu laris diserbu para konsumen, baik penduduk asli Batam maupun para turis dari Singapura serta Malaysia yang berketurunan Melayu sendiri.

Batam yang dikenal dengan kota industri dan merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sumatra,

Lantas bagaimana cara memasaknya Pertama, buat bumbu giling yang terdiri cabai kering, bawang merah dan putih, kunyit, jahe, serta asam jawa. Sementara daun kunyit dan serai serta marica hanya dipukul-pukul lalu dimasak hingga mendidih.

Sementara itu, ikan dibersihkan dan kemudian dimasukkan ke dalam bumbu asam pedas hingga dimasak hingga matang. Setelah itu, ikan siap untuk dimakan. "Enak banget," kata Rabaina, penikmat ikan asam pedas Batam.

Bagi Maimona, pemilik warung makan, usahanya merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya Melayu Batam. Salah satu favorit ikan yang laris adalah ikan sembilang. Nah, jika berkunjung ke Batam jangan lupa menikmati masakan ikan asam pedas khas Melayu***

0 komentar:

Posting Komentar